Senin, 02 Februari 2009

Resensi Buku

Judul Buku : Dosa-Dosa Media Amerika

Penulis : Jerry D. Gray

Lembar Halaman : 251 Halaman

Penerbit : (UFUK PRESS)

PT. Cahaya Insan suci



“Mengungkap Fakta Kejahatan Media Barat”

Jerry D. Gray adalah merupakan salah satu peniliti komunikasi, Jerry mempunyai nama lengkap Jerry Duane Gray. Lahir pada tanggal 24 Septembar 1960 Weisbaden, Jerman. Pada awalnya Jerry merupakan lulusan sebuah Angakatan Udara dan sekolah pemeliharaan Pesawat Terbang Intensif. Namun karena kecintaannya pada Dunia Komunikasi dan Media, kini Jerry bernaung di bidang Media baik Lokal (Indonesia) maupun Media Internasional.

Dalam buku nya yang berjudul “Dosa-Dosa Media Amerika” Jerry membahas tentang kekejaman Media Barat yang pada waktu itu banyak memonopoli fakta dan kenyataan yang sebenar nya sehingga dalam kurung waktu yang cukup lama publik banyak yang tertipu oleh awak media barat.

Adapun dalam risetnya, Jerry menemukan banyak fakta mengenai media televisi korporat (khususnya di Amerika Serikat). Peristiwa-peristiwa dunia yang kerap kita saksikan lewat berita televisi telah pelintir, penuh dengan kebohongan dan tipuan. Media korporat Amerika telah mengalami pergeseran dari sarana yang melakukan berita aktual menjadi mesin propaganda terlepas dari kekeliruan maupun kebenaran. Tujuan reportase semacam ini menyesatkan cara pandang publik terhadap isu tersebut. Individu atau Jurnalis yang menyampaikan kisah “sesungguhnya” biasanya di deskreditkan melalui serangan yang di lancarkan berbagai agen media sekaligus.

Buku ini sangat bermanfaat bagi kita, buku ini juga membantu kita agar memahami tentang keberadaan media (Media Barat) yang kerap kali mebolak-balikan fakta tehadap berita (news) kepada publik.

Namun dalam buku ini juga bisa berpengaruh negative terhadap cara pandang seseorang terhadap awak media, karena menurut saya hal ini terjadi merupakan sebagian dari oknum-oknum awak media yang tidak bertanggung jawab, namun berimbas pada mereka khususnya awak media yang bekerja dengan kejujuran.

Menarik dari buku hasil karya Jerry ini adalah anatomi dari buku ini. Buku ini sangat menarik karena dalam penyajian cover menarik dengan menampilkan beberapa gambar atau tema yang menyesuaikan dengan isi buku tersebut. Adapun dalam beberapa penggalan materi pembahasan isi buku, Jerry menampilkan gambar-gambar yang cukup membuat hati kita getir, yaitu adanya gambar korban-korban kekejaman para oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini tentu saja menjadi gambaran dan pembelajaran sesuai dengan buku ini kepada Media secara luas.

Kesimpulan yang saya ambil dari pembahasan resensi buku “Dosa-Dosa Media Amerika” bahwa dengan buku ini kita bisa belajar lebih banyak lagi tentang keberadaan Media yang kadang di salah gunakan yang terdampak sangat fatal bagi keseluruhan terutama publik secara luas. Adapun kebohongan-kebohongan Media Barat yakni kebohongan yang di sengaja atau Intentionally. Penyajian buku ini sangat menarik karena kita bukan hanya saja mencoba belajar dan memahami isi buku tetapi juga dapat melihat gambaran dari pengaruh Kejahatan Media Barat yang sangat amat membawa pengaruh dan dampak yang buruk bagi publik..

Tidak ada komentar: