Rabu, 26 November 2008

Resensi Buku

Judul Buku : Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza

Penulis : Hernowo

Lembar Halaman : 276 halaman

Penerbit : Kaifa

Buku ini banyak menggambarkan manfaat asyiknya membaca dan memahami isi sebuah buku. Oleh karena itu penulis membuat judul tema bukunya yaitu “Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza”. Begitu banyak bab-bab yang mengangkat tema membaca, namun di sini saya mengambil salah satu bagian bab tentang “ Tiga Cara Ampuh Menjadikan Seorang Anak Gemar Membaca”.

“Tiga Cara Ampuh Menjadikan Seorang Anak Gemar Membaca” ialah yang pertama, berilah kesempatan seluas-luasnya kepada putra-putri anda agar mereka benar-benar dapat melihat anda sedang membaca buku.

Kedua, bagikanlah informasi-informasi yang bermanfaat yang anda peroleh dari kegiatan membaca anda kepada putra-putri. Anda.

Ketiga, pada saat anda membaca buku di rumah, cobalah sekali-kali membaca dengan suara yang keras supaya putra-putri anda mendengar bacaan anda.

Berikut ini adalah 4 tip Zahlier, utuk membuat orang tua yang tidak suka membaca buku di rumah bisa memulai membiasakan membaca buku dan menjadi teladan membaca bagi anaknya, yakni :

v Carilah topik bacaan yang di sukai oleh seluruh anggota keluarga setiap hari.

v Milikilah buku-buku dan pasanglah buku-buku itu di rumah secara atraktif.

v Berusahalah sekuat daya untuk mematikan televisi dan kemudian membacalah.

v Berikanlah buku kepada anak-anak anda saat anda membaca sebuah buku.

v Perlakukan buku seperti makanan ( buku juga bisa di baca sedikit demi sedikit atau diemil dan dirasai “kelezatan” bahasanya)

Kurang lebih seperti ini lah isi dari bab “Tiga Cara Ampuh Menjadikan Seorang Anak Gemar Membaca” dari buku yang berjudul Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza.

Buku ini pada dasarnya sama seperti buku yang menyajikan ilmu pengetahuan khususnya dalam hal membaca. Buku ini memiliki kelebihan isi nya yang menarik dan juga bermanfaat bagi setiap orang yang membaca nya. Namun dalam keberadaan buku ini, banyak persepsi pro dan kontra khalayak yang berbeda-beda tentang tema judul buku “Andaikan Buku itu sepotong Pizza”.

Tidak ada komentar: